WELCOME TO BPP KECAMATAN NGANCAR
Friday 3 August 2012

Puryadi - PPL BPP Ngancar

 Kegiatan Penyuluhan Sebenarnya Sudah Ada Sejak Zaman Penjajah. Katanya Embahku ada 3 Model Tekniknya :
  1. Model Otoriter 
Penyuluh  Sebagai Penguasa Terjadi Di Jaman Penjajah (Adanya Kebijakan Tanam Paksa) yang jadi Penyuluh para Centeng dan antek antek penjajah

  1.  Model Paternalistik
Penyuluh Sebagai Bapak, Terjadi Mulai Awal Kemerdekaan Sampai Dengan Pertengahan Rezim Orde Baru, dalam hal ini Peran Pemerintah Melalui Pamong Desa Yang Paling Dominan Menggerakan Kegiatan Pertanian contoh program Bimas.

  1. Model Partisipatory.
Penyuluh Sebagai Mitra. Terjadi Pertengahan Zaman Orde Baru sampai dengan Saat ini terus Dikembangkan. Kegiatan Bansos Pertanian sebenarnya Program untuk pemberdayaan petani  tapi pelaksanaanya perlu disempurnakan karena masih adanya ego sektoral Satker jajaran pertanian. Ini Diperlukan petunjuk dari pejabat yang berwenang yang ngatur tata hubungan kerja petugas rumpun pertanian ditingkat lapang agar proses pendampingan pemberdayaan petani lebih dapat berjalan optimal

    TEKNIK PARTISIPATORY

    Terjalin kemitraan petani dan penyuluh atau sebaliknya. Petani bertanggung jawab atas hasil achirnya karena kegiatan penyuluhan hasil musyawarah bersama antara petani dan penyuluh sejak dari Perencanaan.

    ARAH MEMBERDAYAKAN PETANI
    1. Petani di didik sebagai ahli agar berkembang lebih lanjut.
    2. Petani mampu menghadapi permasalahan yang timbul.
    3. Dalam usahatani : Kegiatan Usahatani petani sebagai Manager dalam mengejakan sesuatu atas inisiatip sendiri, bukan orang lain yang berarti hasil yang dicapai tanggung jawabnya sendiri.

    LANGKAH PEMBERDAYAAN PETANI :
    • Pendekatan Kelompok : melalui motvasi petani membentuk kelompok tani yang mandiri bukan kelompok tani abal abal (membentuk kelompoktani dengan tujuan mendapatkan kredit murah atau bantuan sosial)
    • Kelompok Tani sebagai wadah belajar bersama untuk bekerjasama, untuk memproduksi dan berusaha tani yang menguntungkan serta berorientasi AGRIBISNIS dan berwawasan kelestarian lingkungan.

    REPOSISI PENYULUHAN
    • Program teknis sifatnya instan dapat diamati dalam jangka pendek.
    • Program Penyuluhan Sifatnya jangka panjang dan susah diukur secara materi efeknya. 

    0 comments:

    Post a Comment